SUGENG RAWUH SEDEREK-SEDEREK
SELAMAT MENIKMATI

Laman

Search This Blog

Thursday, June 6, 2013

FAIDAH PENAMBAHAN HURUF PADA WAZAN-WAZAN BAHASA ARAB



معــانـي الــــــزيــادة

I.             PENDAHULUAN

الـــــــحمد للّه الّذي قد أخرجــــا          نتــــائج الفَكرِ لِأربابِ الـحِجا
و حَطَّ عنهم مِن سماء الـــــعَقْل           كلّ حِجابٍ مِن سحاب الجهل
حتّى بَدَتْ لهم شموش الـمعرفة           رَاَوْا مُــــــــحَذَّراتها مُنْكَشِفة
Sebagaimana yang telah kita pelajari sebelumnya, bahwa didalam bentuk-bentuk wazan dalam bahasa Arab ada dua pembagian berdasarkan status susunan hurufnya, yaitu mujarrod (yang tidak kemasukan huruf tambahan) atau asli, dan mazid (yang sudah kemasukan huruf tambahan).
Adapun yang sering terjadi didalam bahasa Arab dan dibuat menjadi sebuah kaidah umum oleh mayoritas ulama’ bahwa adanya tambahan itu menunjukkan adanya perubahan, bahkan akan terjadi penambahan makna.[1] Berdasarkan hal tersebut pada makalah kali ini akan dibahas seputar ma’aniz ziyadah (makna atau faidah adanya tambahan).

II.          RUMUSAN MASALAH
A.    Makna Zaidah pada Fi’il Tsulatsiy Mazid Ruba’iy
B.     Makna Zaidah pada Fi’il Tsulatsiy Mazid Khumasiy
C.     Makna Zaidah pada Fi’il Tsulatsiy Mazid Sudasiy
D.    Makna Zaidah pada Fi’il Ruba’iy Mazid Khumasiy
E.     Makna Zaidah pada Fi’il Ruba’iy Mazid Sudasiy

III.      PEMBAHASAN
A.    Makna Zaidah pada Fi’il Tsulatsiy Mazid Ruba’iy
1.      أَفْعَلَ
a.       للتعديّة
Yang dimaksud dengan  ta’diyyah adalah merubah fi’il lazim menjadi muta’adi. Contoh: أَكْرَمْتُ زَيْدًا  “Saya memuliakan Zaid”.
Dalam hal ini apabila fi’il aslinya adalah muta’adi pada maf’ul satu, maka ketika diikutkan pada wazan ini maka akan menjadi muta’adi pada dua maf’ul. Contoh: أَقْرَأْتُهُ الْقُرْآنَ  “Saya membacakannya Al-Qur’an”.
Demikian pula apabila asalnya adalah muta’adi pada dua maf’ul, maka akan menjadi muta’adi pada tiga maf’ul. Contoh: أَعْلَمْتُ زيدًا عمرًا مُسافرًا  “Saya memberitahukan Zaid, bahwa Amar yang pergi”.[2]
b.      للدخول في الشّيء  (Masuk pada sesuatu)
Contoh: أَمْسَى الْمُسَافِرُ    “Musafir itu telah memasuki diwaktu sore”
c.       لقصد المكان  (Menuju suatu tempat)
Contoh: أَعْرَقَ عمروٌ    “Amar menuju (datang) ke negeri Iraq”
d.      لوجود مااشْتَقَّ منه الفعلُ في الفاعل  (munculnya asal fi’il didalam fa’il)
Contoh: أَثْمَرَ الطَّلْحُ    “Pohon pisang itu telah berbuah”
مااشْتَقَّ disini adalah ثَمَرٌ, dan darinyalah tercetak fi’il (pekerjaan), yang mana pekerjaan tersebut terjadi pada fa’il-nya.
e.       للمُبالَغَة  (Melebihkan makna fi’il)
Contoh: أَشْغَلَ زيدٌ عمرًا    “Zaid sangat menyibukkan Amar”
f.       لوِجْدانِ الشيءِ في صِفةٍ  (Menemukan sesuatu pada sifat)
Maksudnya adalah fa’il mendapati maf’ulnya pada sebuah sifat, yaitu asal fi’il.
Contoh: أَعْظَمَ زيدٌ عمرًا   “Zaid mendapati Umar orang yang mulia”
g.      للصَّيْرُورة  (Berubah menjadi)
Contoh: أَقْفَرَ الْبَلَدُ   “Negeri itu menjadi sunyi”
h.      للتَّعْريْض  (Memamerkan)
Maksudnya fa’il menawarkan supaya maf’ul-nya diberi hokum dengan asalnya fi’il.
Contoh: أَبَاعَ الثَّوْبَ   “Dia menawarkan baju itu untuk dijual”
i.        للحَيْنونَة  (Tiba masa)
Contoh:  أًحْصَدَ الزَّرْعُ   “Tanaman itu telah tiba waktunya untuk dipanen”[3]
j.        للسَّلْب  (Menarik atau menghilangkan)
Contoh:  أَشْفَى الْمَرِيْضُ
“Orang yang sakit itu telah hilang kesembuhannya”[4]
Dari beberapa faidah wazan  أفْعَلَyang sering dijumpai dan sering dipakai adalah faidah للتعديّة (memuta’adikan).[5]

2.      فَعَّلَ
a.       للتَّعْدِيّة
Contoh:  فَرَّحَ زيدٌ عمرًا   “Zaid menggembirakan Amar”
Bentuk asal fi’ilnya adalah فَرِحَ (gembira).
b.      للدِّلالةِ على التكثير
Contoh:  قَطَّعَ زيدٌ الْحُبْلَ   “Zaid telah memotong-motong tali itu”
c.       لِنِسْبَةِ المفعول إلى أصل الفعل  (Menisbatkan maf’ul pada asal fi’il)
Contoh:  كَفَّرَ زيدٌ عمرًا    “Zaid menuduh Amar kafir”
Asal fi’ilnya adalah كُفْرٌ.
d.      لِسَلْبِ أصلِ الفعلِ من المفعولِ  (Menghilangkan asal fi’il dari maf’ul)
Contoh:  قَشَّرَ زيدٌ الرُّمَّانَ   “Zaid mengupas kulit delima itu”
Asal fi’ilnya adalah قِشْرٌ.
e.       لاتِّخاذِ الفعلِ من الإسمِ  (Mambuat fi’il dari isim)
Contoh:  خَيَّمَ الْقَوْمُ   “Kaum itu membuat kemah (berkemah)”
Al-ism pada contoh ini adalah خَيْمَة (kemah atau tenda).
Dari beberapa faidah wazan فَعَّلَ yang sering dijumpai dan sering dipakai adalah faidah للتكثير dan للتعدية.[6]

3.      فَاعَلَ
a.       للمُشارَكَة بيْن الإثنيْنِ  (Persekutuan antara dua pelaku)
المشاركة اَنْ يفعل اَحدهما مايفعله الأخَرُ حتى كل منهما فاعلا ومفعولا
“Musyarakah adalah olehnya salah satu dari kedua pelaku mengerjakan apa yang dilakukan oleh pelaku yang lainnya, sehingga mereka menjadi fai’il dan juga maf’ul
Contoh:  ضَارَبَ زيدٌ عمرًا   “Zaid berkelahi dengan Amar”
b.      لمعنى "فَعَّلَ" التي للتكثير
Contoh:  ضَاعَفَ اللّهُ   “Semoga Allah melipat gandakan”
c.       لمعنى "أفْعَلَ" التي للتعدية
Contoh:  عَافَكَ اللّهُ   “Semoga Allah menyehatkan anda”
d.      لمعنى "فَعَلَ" المُجَرَّد
Contoh:  سَافَرَ زيدٌ   “Zaid telah pergi”
سَافَرَ sama artinya dengan سَفَرَ.
Dari beberapa faidah wazan فَاعَلَ yang sering dijumpai dan sering dipakai adalah faidah للمشاركة بين اثنين.[7]

B.     Makna Zaidah pada Fi’il Tsulatsiy Mazid Khumasiy
1.      تَفَاعَلَ
a.       للمُشَارَكَة بين الإثْنَيْن فَأكثر
Contoh:  تَصَالَحَ الْقَوْمُ   “Kaum itu saling berdamai”
Perbedaan faidah musyarakah pada wazan فَاعَلَ dengan تَفَاعَلَ yaitu:
1)      Musayarakah pada bab تَفَاعَلَ itu dilakukan oleh dua orang atau lebih. Sedangkan pada bab فَاعَلَ hanya dilakukan oleh dua orang saja.
2)      Musyarakah pada babفَاعَلَ itu diawali oleh orang yang menang dalam musyarakah tersebut. Sedangkan pada bab تَفَاعَلَ tidak diketahui siapa yang memulai, dan siapa yang unggul.
3)      Musyarakah pada bab فَاعَلَ lafadznya mengandung makna muta’adi. Sedangkan pada bab تَفَاعَلَ justru merubah fi’il muta’adi menjadi lazim. Dalam arti ketika fi’il muta’adi pada satu maf’ul maka akan menjadi lazim.   ضَرَبَ زيدٌ عمرًا = ضارَبَ زيدٌ عمرًاà  تَضَارَبَ زيدٌ وعمروٌ.
Dan ketika fi’il itu muta’adi pada dua maf’ul maka berubah menjadi muta’adi pada maf’ul satu.[8]
Contoh:  عَاطى زيدٌ عمرًا درهمًا à  تَعَاطى زيدٌ وعمروٌ درهمًا
b.      لإظْهارِ ما ليسَ في الواقِع  (Menampakkan sesuatu yang tidak sebenarnya)
Contoh:  تَمَارَضَ زيدٌ   “Zaid pura-pura sakit”
c.       للوُقُوْعِ تَدْرِيْجًا  (Terjadi secara berangsur-angsur)
Contoh:  تَوَارَدَ الْقَوْمُ   “Kaum itu telah berdatangan”
d.      لِتأْديّة معنى المُجَرَّد (Mendatangkan makna mujarrod)
Contoh:  تَعَالَى اللّهُ   “Allah Maha Tinggi”
تَعَالَى sama artinya dengan عَلاً (tinggi).
e.       للمُطاوَعَة "فَاعَلَ"
ومعنى المطاوعة حصول الاَثَرِ مِن فعلٍ الى فعلٍ اَخَر يُلاقيْه اشْتِقاقًا
“Arti muthowa’ah adalah hasilnya bekas dari satu pelaku pekerjaan kepada pelaku pekerjaan yang lain, yang sama asal tercetaknya”[9]
Contoh:  بَاعَدْتُهُ فَتَبَاعَدَ   “Aku jauhkan dia, maka dia menjadi jauh”
Dari beberapa faidah wazan تَفَاعَلَ yang sering dijumpai dan sering dipakai adalah faidah للمشاركة بين اثنين.[10]
2.      تَفَعَّلَ
a.       لِمُطاوَعَة "فَعَّلَ"
Contoh:  كَسَّرْتُ الزُّجَاجَ فَتَكَسَّرَ    “Aku pecah kaca itu, maka ia menjadi pecah”
b.      للتَّكْليْف (Penekanan makna)
وهو معاناة الفاعلِ الفعلَ لِيَحْصُلَ
“Maksudnya adalah fa’il (pelaku) berusaha dengan keras dalam melakukan perbuatan agar dapat berhasil”[11]
Contoh:  تَشَجَّعَ زيدٌ    “Zaid memberanikan diri”
c.       لاتِّخَاذِ الفاعل أصْلَ الفعل مفعولاً (Olehnya fa’il menjadikan maf’ul menjadi asal fi’il)
Contoh:  تَبَنَّيْتُ يوسفَ   “Aku jadikan Yusuf sebagai anak angkat”
d.      للدِّلالة على مُجَانَبَة الفعلِ  (Menjauhi perbuatan atau asal fi’il)
Contoh:  تَذَمَّمَ زيدٌ   “Zaid menjauhkan diri dari perbuatan tercela”
e.       للصّيرورة
Contoh:  تَأَيَّمْتُ الْمَرْأَةُ   “Perempuan itu menjadi janda”
f.       للدّلالة على حُصُولِ أصْلِ الفِعلِ مَرَّةً بَعْد أُخرى (Terjadinya asal fi’il berkali-kali)
Contoh:  تَجَرَّعَ زيدٌ   “Zaid minum seteguk demi seteguk”
g.      للطَّلَب (Meminta)
Contoh:  تَبَيَّنَ زيدٌ الأُستاذَ   “Zaid minta penjelasan pada ustadz”[12]
Dari beberapa faidah wazan تَفَعَّلَ yang sering dijumpai dan sering dipakai adalah faidah للتكلُّف.[13]
3.      إِفْتَعَلَ
a.       لمُطاوعة "فَعَلَ"
Contoh:  جَمَعْتُ الإبِلَ فَاجْتَمَعَ
“Aku kumpulkan unta itu, maka unta itu menjadi berkumpul”
b.      للإتِّخاذ (Membuat)
Contoh:  احْتَبَزَ زيدٌ   “Zaid membuat roti”
c.       لزِيادة المُبالغة (Menambah arti mubalaghoh)
Contoh:  اكْتَسَبَ زيدٌ   “Zaid berkerja keras (susah payah)”
d.      لِمعنى "فَعَلَ"
Contoh:  اجْتَذَبَ زيدٌ   “Zaid menarik”
e.       لمعنى "تَفَاعَلَ" التى للمشاركة
Contoh:  اخْتَصَمَ زيدٌ وعمروٌ   “Zaid dan Amar bertengkar”
f.       للطَّلب
Contoh:  اكْتَدَّ زيدٌ عمرًا   “Zaid meminta Amar agar bekerja keras”
Dari beberapa faidah wazan افْتَعَلَ yang sering dijumpai dan sering dipakai adalah faidah للمطاوعة.[14]
4.      إِنْفَعَلَ
a.       لمُطاوعة "فَعَلَ"
Contoh:  كَسَرْتُ الزُّجَاجَ فَانكَسَرَ   “Aku pecahkan kaca itu, maka kaca itu menjadi pecah”
b.      لمُطاوعة "أفْعَلَ" قليلاً
Contoh:  اَزْعَجَهُ فَانْزَعَجَ   “Dia mengusirnya, maka terusirlah dia”

5.      إِفْعَلَّ
a.       للدِّلالة على الدُّخُولِ في الصِّفة (Menunjukkan masuknya fa’il pada suatu sifat)
Contoh:  اِحْمَرَّ الْبُسْرُ   “Buah kurma itu telah merah
b.      للمُبالغة (Melebihkan pada sifat)
Contoh:  اِسْوَدَّ اللَّيْلُ   “Malam itu sangat gelap”
c.     للعيوب
Contoh: اَعْوَرَّ زيْدٌ    Zaid menjadi buta sebelah matanya.[15]
Dari beberapa faidah wazan افْعَلَّ yang sering dijumpai dan sering dipakai adalah faidah للدِّلالة على الدُّخُولِ في الصِّفة dan للعيوب.[16]

C.    Makna Zaidah pada Fi’il Tsulatsiy Mazid Sudasiy
1.      إِسْتَفْعَلَ
a.       لطلب الفعلِ (Meminta terjadinya pekerjaan)
Maksudnya adalah permintaan fa’il pada asal fi’il dari maf’ulnya.
Contoh:  اسْتَغْفَرَ اللهَ   “Dia minta ampun kepada Allah”
b.      للوِجْدانِ على صفةٍ (Menemukan sifat)
Maksudnya adalah fa’il menemukan asal fi’il yang berupa sifat pada maf’ul.
Contoh:  اِسْتَعْظَمْتُ الأَمرَ   “Aku memandang besar perkara itu”
c.       للتَّحَوُّل (Berubah)
Contoh:  اِسْتَخْجَرَ الطِّيْنُ   “Lumpur itu berubah menjadi keras (membatu)”
d.      للتَّكَلُّف (Membebani)
Contoh:  اِسْتَجْرَأَ   “Dia memberanikan diri”
e.       لمعنى "فَعَلَ" المُجرَّد
Contoh:  اِسْتَقَرَّ الأمرُ   “Perkara itu telah tetap”
f.       للمطاوعة
Contoh:  اَرَاحَهُ فَاسْتَرَحَ   “Dia menyenangkannya, maka ia menjadi senang”
Dari beberapa faidah wazan اسْتَفْعَلَ yang sering dijumpai dan sering dipakai adalah faidah للطلب.[17]

2.      إِفْعَوْعَلَ
a.       للمُبالغة
Contoh:  اِحْدَوْدَبَ زيدٌ   “Zaid sangat bungkuk
b.      لمعنى "فَعَلَ" المجرّد
Contoh:  اِحْلَوْلَى التَّمَرُ   “Kurma itu manis”

3.      إِفْعَالَّ
a.        للمُبالغة في الدخول في صفَة (Memaksimalkan makna masuk pada sifat)
Contoh:  اِصْفَارَّ الْمُوْزُ   “Pisang itu sangat kuning”

4.      إِفْعَوَّلَ
a.       للمُبالغة اللاَزِم (Memaksimalkan makna lazim)
Contoh:  اِجْلَوَّدَ الإِبِلُ   “Unta itu berjalan sangat cepat”[18]

D.    Makna Zaidah pada Fi’il Ruba’iy Mazid Khumasiy
1.      تَفَعْلَلَ
a.       لمُطاوعة "فَعْلَلَ"
Contoh:  دَخْرَجْتُ الْحَجَرَ فَتَدَخْرَجَ   “Aku mengglincirkan batu itu, maka tergelincirlah batu itu”
b.      لمعنى المجرَّد
Contoh:  تَلَأْلَأَ الزُّجَاجُ   “Kaca itu berkilauan

                                            i.      ملحق بتدخرج
a.       لمطاوعة ملحق دخرج
Contoh: جَلْبَبْتُ زيدًا فَتَجَلْبَبَ   “Aku memakaikan jubah pada Zaid, maka ia menjadi berjubah”
b.      للتشبيه لِأصل الفعل (Menyerupakan pada asal fi’il)
Contoh:  تَشَيْطَنَ عمروٌ   “Amar berbuat seperti perbuatan syeitan”[19]

E.     Makna Zaidah pada Fi’il Ruba’iy Mazid Sudasiy[20]
1.      إِفْعَنْلَلَ
a.       لمطاوعة "فَعْلَلَ"
Contoh:  حَرْجَمْتُ الإبِلَ فَاخْرَنْجَمَ   “Aku kumpulkan unta-unta itu, maka menjadi berkumpul unta-unta itu”

                                            i.      ملحق باحرنجم
a.       لمطاوعة اللازم
Contoh:  اقْعَنْسَسَ الرَّجُلُ   “Orang laki-laki itu sangat menonjol keluar dadanya”

2.      إِفْعَلَلَّ
a.       لمُبالغة اللاَزِم
Contoh:  اِقْشَعَرَّ الْجِلْدُ   “Kulit itu sangat kusut”

IV.      KESIMPULAN
Dari sekian penjelasan diatas, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
A.    Fi’il Tsulatsiy Mazid Ruba’iy
1.      أَفْعَلَ(للتعديّة للدخول في الشّيء، لقصد المكان، لوجود مااشْتَقَّ منه الفعلُ في الفاعل، للمُبالَغَة، لوِجْدانِ الشيءِ في صِفةٍ، للصَّيْرُورة، للتَّعْريْض، للحَيْنونَة، للسَّلْب،)
2.      فَعَّلَ (للدِّلالةِ على التكثير، لِسَلْبِ أصلِ الفعلِ، من المفعولِ، لاتِّخاذِ الفعلِ من الإسمِ للتَّعْدِيّة، لِنِسْبَةِ المفعول إلى أصل الفعل )
3.      فَاعَلَ (للمُشارَكَة بيْن الإثنيْنِ لمعنى "فَعَّلَ" التي للتكثير، لمعنى "أفْعَلَ" التي للتعدية، لمعنى "فَعَلَ" المُجَرَّد،)
B.     Fi’il Tsulatsiy Mazid Khumasiy
1.      تَفَاعَلَ (للمُشَارَكَة بين الإثْنَيْن فَأكثر، لإظْهارِ ما ليسَ في الواقِع، للوُقُوْعِ تَدْرِيْجًا،  لِتأْديّة معنى المُجَرَّد، للمُطاوَعَة "فَاعَلَ"،)
2.      تَفَعَّلَ(لِمُطاوَعَة "فَعَّلَ"، لاتِّخَاذِ الفاعل أصْلَ الفعل مفعولاً، للدِّلالة على مُجَانَبَة الفعلِ، للصّيرورة، للدّلالة على حُصُولِ أصْلِ الفِعلِ مَرَّةً بَعْد أُخرى، للتَّكْليْف، للطَّلَب،)
3.       إِفْتَعَلَ(لمُطاوعة "فَعَلَ" لِمعنى "فَعَلَ"، لمعنى "تَفَاعَلَ" التى للمشاركة، للإتِّخاذ، للطَّلب، لزِيادة المُبالغة)
4.      إِنْفَعَلَ(لمُطاوعة "فَعَلَ"، لمُطاوعة "أفْعَلَ" قليلاً)
5.      إِفْعَلَّ (للدِّلالة على الدُّخُولِ في الصِّفة للمُبالغة، للعيوب،)
C.    Fi’il Tsulatsiy Mazid Sudasiy
1.      إِسْتَفْعَلَ (لطلب الفعلِ للوِجْدانِ على صفةٍ، للتَّحَوُّل، للتَّكَلُّف، لمعنى "فَعَلَ" المُجرَّد، للمطاوعة)
2.      إِفْعَوْعَلَ (للمُبالغة، لمعنى "فَعَلَ" المجرّد)
3.      إِفْعَالَّ (للمُبالغة في الدخول في صفَة)
4.      إِفْعَوَّلَ (للمُبالغة اللاَزِم)
D.    Fi’il Ruba’iy Mazid Khumasiy
1.      تَفَعْلَلَ (لمُطاوعة "فَعْلَلَ"، لمعنى المجرَّد)
                                            i.      ملحق بتدخرج (لمطاوعة ملحق دخرج، للتشبيه لِأصل الفعل)
E.     Fi’il Ruba’iy Mazid Sudasiy
1.      إِفْعَنْلَلَ (لمطاوعة "فَعْلَلَ")
                                            i.      ملحق باحرنجم (لمطاوعة اللازم)
2.      إِفْعَلَلَّ (لمُبالغة اللاَزِم)

V.          PENUTUP
Demikianlah sedikit uraian dari penulis dalam makalah ini mengenai “ma’aniz ziyadah”. Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah membukakan pintu rahmat-Nya, sehingga kita semua bisa mempelajari dan membahas ilmu-ilmu-Nya sedemikian rupa, terutama ilmu Sharaf yang sedang kita pelajari bersama ini. Tidak kurang dari itu, kelalaian maupun kekurangan-kekurangan penulis dalam menyajikan makalah ini sangatlah dimungkinkan adanya, oleh karena itu kritik beserta saran yang membangun sangatlah penulis harapkan demi kebaikan bersama.
Berawal dari semua itu kami ucapkan banyak terima kasih atas segala perhatian beserta partisipasinya, dan mohon maaf atas segala kekurangannya. Semoga apa yang kita pelajari dan kita dapatkan kali ini bermanfaat, dan mendapat ridho beserta berkah dari Allah SWT. Amin








DAFTAR KEPUSTAKAAN

Al-Ghalayiny, Musthafa, Jami’u Ad-Durusu Al-Arabiyyah, Kairo: Dar El-Hadith, 2005.
Hakim, Taufiqul, Shorfiyyah Metode Praktis Memahami Shorof dan I’lal, Cet 2, Jepara: Al-Falah Offset, 2004.
Isma’il, Muhammad Bakar, Qowa’idu As-Shorfi Bi Ushlubi Al-Ashri, Kairo: Dar Al-Manar, 2000.
Kholiq, Abdul, Al-Amtsilah At-Tashrifiyyah dan Keterangan berikut I’lalnya, Kediri: Ponpes Daarus Salaam, TT.
Ma’shum, Muhammad, Al-Masarrah Al-Imdadiyyah Fi Syarhi Wa Bayani Al-Amtsilah At-Tashrifiyyah, Kediri: Dar Al-Amin, TT.
Mubtadi’in, Madrasah Hidayatul, Taqrirat Mandhumati Al-Qawa’idi As-Sharfiyyah, Kediri: Madrasah Hidayatul Mubtadi’in, 2009.
Muhammad, Sayyid, Talkhishu Al-Asaasi, Semarang: Toha Putra, TT.