SUGENG RAWUH SEDEREK-SEDEREK
SELAMAT MENIKMATI

Laman

Search This Blog

Sunday, November 2, 2014

Athaf Bayan (عطف البيان)



A.   عطف البيان
1.      Pengertian
فذو البيان تابع شبه الصفة ۝ حقيقةُ القصدِ به منكشِفة
Athaf bayan adalah tabi’ yang menyerupai sifat, dengan melaluinya (athaf bayan), makna yang dimaksud dapat terungkap. (alfiyah)
التابع الجامد المشبه للصفة في ايضاح متبوعه وعدم استقلاله
Athaf bayan adalah tabi’ yang jamid lagi menyerupai sifat didalam menjelaskan perihal matbu’nya serta terikat oleh matbu’nya. (syarhu ibnu aqil: 132)
Tambahan:                                                             
في ايضاح متبوعه انْ كان معرفة وفي تخصيصه ان كان نكرةً بنفسه
Didalam menjelaskan matbu’nya jika (matbu’nya) berupa ma’rifat, dan mengkhususkan matbu’nya jika (matbu’nya) berupa nakirah dengan sendirinya. (Qawa’idu Asasiyah: 304)

2.      Perbedaan Athaf Bayan dengan Na’at Haqiqi
a.       Na’at mengandung dhomir mustatir yang kembali pada man’ut, biasanya berupa isim musytaq
b.      Na’at tidak menjelaskan (idhoh) dan mengkhususkan (takhshish) dzat man’utnya dengan lafadz yang menunjukkan dzat tersebut secara langsung.
النعت يوضح منعوته بصفة عرضية وأمر طارئ

3.      Perbedaan Athaf Bayan dengan Taukid lafdzi
a.       Tujuan taukid lafdzi adalah mengulang lafadz matbu’nya atau dengan sinonimya.
b.      Tujuan athaf bayan adalah untuk menjelaskan (idhoh) dan mengkhususkan (takhshish)[1]

4.      Perbedaan Athaf Bayan dengan Badal Muthabiq
a.       Athaf bayan tidak berupa dhamir, dan tidak mengikuti matbu’ yang berupa dhamir
b.      Tidak berupa fi’il yang mengikuti pada fi’il yang lain
c.       Tidak bermaksud menempatkan (athaf bayan/tabi’) pada tempatnya matbu’
d.      Biasanya athaf bayan (tabi’) lebih masyhur daripada matbu’nya (secara ‘urf dan isti’malnya)

5.      اتباع المعطوف بالمعطوف عليه
a.       I’rab
b.      Mudzakar-Mu’annast
c.       Ma’rifat-Nakirah
d.      Mufrad-Tasniyah-Jama’

6.      Tempat-tempat Athaf Bayan
a.       Nama yang jatuh setelah kunyah (gelar)
Contoh:   حبَّذا الخليفةُ أبو بكر عبدُ الله   (Sebaik-baiknya khalifah adalah Abu bakar alias ‘Abdullah)
b.      Nama yang jatuh setelah laqab (julukan)
Contoh:   نِعْمَ الخليفةُ الرشيدُ هارون   (Sebaik-baiknya khalifah adalah Ar-rasyid alias Harun)
c.       Ism dhahir yang jatuh setelah ism isyarah
Contoh:   أعجبني هذا الخطيب   (ini telah membuatku kagum yaitu sang khatib)
d.       Tafsir yang jatuh setelah mufassar (yang ditafsirkan)
Contoh:   العَسْجَدُ الذهَبُ   (Al-‘asjadu yaitu emas)
e.       Maushuf (sesuatu yang disifati) yang jatuh setelah sifat
Contoh:  الناشِطُ خالدٌ صديقُ أحمدَ   (Yang rajin khalid adalah temannya Ahmad)

B.   عطف النسق
1.      Pengertian
عطف النسق تابع يتوسَّط بينه وبين متبوعه أحدُ الأحروف العاطفة
Athaf nasaq adalah tabi’ yang diantara dia dan matbu’nya ditengah-tengahi oleh salah satu huruf athaf. (Nahwu As-Syafi: 403)


2.      Huruf-huruf Athaf Nasaq
Huruf-huruf athaf dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
1)      Ma’thuf dan ma’thuf alaih sama didalam hukum dan i’rabnya.
2)      Ma’thuf dan ma’thuf alaih sama didalam i’rab tidak dalam hukumnya.
a.       الواو (لمطلق الجمع)
Contoh:   حضَر عليُّ وأحمدُ   (Ali dan Ahmad sudah datang)
ôs)s9ur $uZù=yör& %[nqçR tLìÏdºtö/Î)ur $oYù=yèy_ur Îû $yJÎgÏG­ƒÍhèŒ no§qç7Y9$# |=»tGÅ6ø9$#ur ( Nåk÷]ÏJsù 7tFôgB ( ׎ÏWŸ2ur öNåk÷]ÏiB tbqà)Å¡»sù ÇËÏÈ  
Dan Sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh dan Ibrahim dan Kami jadikan kepada keturunan keduanya kenabian dan Al Kitab, Maka di antara mereka ada yang menerima petunjuk dan banyak di antara mereka fasik. (Al-hadid: 26)


b.      الفاء berfaidah (للترتيب والتعقيب)
Contoh:
1)      للترتيب
دخلَ المُعَلِّمُ فالتلميذ   (Pak guru masuk, kemudian murid masuk)
sø#tsù #n<Î) ¾Ï&Î#÷dr& uä!$yÚsù 9@ôfÏèÎ/ &ûüÏJy ÇËÏÈ  
Maka Dia pergi dengan diam-diam menemui keluarganya, kemudian dibawanya daging anak sapi gemuk. (Adz-dzariyat: 26)
2)      للتعقيب
Contoh:
¢OèO $uZø)n=yz spxÿôÜZ9$# Zps)n=tæ $uZø)n=ysù sps)n=yèø9$# ZptóôÒãB $uZø)n=ysù sptóôÒßJø9$# $VJ»sàÏã $tRöq|¡s3sù zO»sàÏèø9$# $VJøtm: ¢OèO çm»tRù't±Sr& $¸)ù=yz tyz#uä 4 x8u$t7tFsù ª!$# ß`|¡ômr& tûüÉ)Î=»sƒø:$# ÇÊÍÈ  

Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan Dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik. (Al-mu’minun: 14)

c.       ثمّ berfaidah (للترتيب مع التراخي)
Contoh:
حَزَمْتُ امتِعَتيْ ثمّ سافَرْتُ   (Saya kemas barang-barang saya, kemudian saya pergi)
d.      أو berfaidah (للتخيير)
Contoh:
خُذْ درهما أو دينارا   (Ambilah dirham atau dinar)
e.       أم
أم dibagi menjadi dua, yaitu:
1)      أم المتصلة, yaitu am yang terletak setelah hamzah taswiyah, atau terletak setelah hamzah yang bermakna ayyun (hamzah ta’yin atau istifham).
Contoh:
¨bÎ) šúïÏ%©!$# (#rãxÿx. íä!#uqy óOÎgøŠn=tæ öNßgs?öxRr&uä ÷Pr& öNs9 öNèdöÉZè? Ÿw tbqãZÏB÷sムÇÏÈ  
Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman. (Al-baqarah: 6)

أخالدٌ في الفصل أم سالمٌ؟   (apakah Khalid yang ada dikelas ataukah Salim)
Makna yang dimaksud adalah:
أيّهما في الفصل؟   (Manakah diantara keduanya yang berada disisimu?)

2)      أم المنقطعة, yaitu selain am yang terletak setelah hamzah taswiyah, atau terletak setelah hamzah yang bermakna ayyun. Dan am ini mempunyai makna للإضراب.
Contoh:
إنها لَإبلٌ أم شاةٌ؟   (Sesungguhnya ternak itu benar-benar unta ataukah kambing?)
f.       لكِنْ   bermakna استدراك
Lakin bisa bermakna istidrak dengan syarat:
1)      Ma’thuf-nya berupa mufrad (tidak jumlah)
2)      Didahului oleh nafi atau nahi
3)      Tidak bersama dengan wawu
Contoh:
لايُسافِر خالدٌ لكنْ عزيز   (Khalid tidak pergi, akan tapi Aziz yang pergi)
g.      بلْ
Dengan syarat ma’thuf mufrad (tidak jumlah)[2]
1)      (للإستدراك). Jika jatuh setelah nafi atau nahi.
Nafi dan nahi tersebut ditetapkan untuk hukum lafadz sebelumnya dan mengukuhkan kebalikannya bagi lafadz sesudahnya.
Contoh:   ماقام عليّ بل عثمانُ   (Tidaklah Ali berdiri tetapi Usman)[3]
2)      (للإضراب). Jika jatuh setelah kalam ijab (positif) atau amar.
maka bal berfungsi menolak lafadz yang pertama, kemudian mengalihkan hukum lafadz yang pertama kepada lafadz yang kedua.
Contoh:   اضربْ زيداً بلْ عمراً   (Pukullah Zaid bahkan Amr)[4]
h.      لا
Syarat-syarat laa bisa menjadi huruf Athaf adalah:
1)      Ma’thuf-nya mufrad (tidak jumlah)
2)      Didahului oleh kalam mutsbat (positif), amr atau nida’
3)      Tidak bersamaan dengan huruf athaf yang lain
Contoh:   يَفوْز المجدُّ لا الخمولُ   (Orang yang bersungguh-sungguh akan berhasil, bukan seorang pemalas)
يا زيدُ لا عمرُو   (Hai Zaid, bukan Amr)
i.        حتّى berfaidah للغاية
Hatta dapat diperlakukan sebagai huruf athaf dengan syarat sebagai berikut:
1)      Lafadz sesudahnya (tabi’) menjadi bagian dari lafadz sebelumnya (matbu’)
2)      Ma’thuf-nya berupa isim dhahir
3)      Ma’thuf-nya mempunyai nilai lebih daripada ma’thuf ‘alaih-nya, lebih baik ataupun lebih buruk.
4)      Ma’thuf-nya berupa mufrad (tidak berupa jumlah)

Contoh:   عادَ الرُّعاةُ حتّى كِلابُهم   (Penggembala itu pulang hingga anjing-anjing gembalaannya)

3.      Hukum-hukum athaf nasaq[5]
a.      Ma’thuf dan ma’thuf ‘alaih harus sama dalam hal i’rabnya.[6]
b.      Athaf isim kepada isim
جاء زهيرٌ وَأُسامةُ   (Zuhair dan Usamah datang)[7]
c.       Athaf fi’il dengan fi’il
Fi’il bisa diathafkan kepada fi’il yang lain dengan syarat:
1)      Keduanya mempunyai zaman yang sama
Contoh:   جلَسَ وقرأ عُثْمانُ كتابًا (Usman duduk dan membaca buku)
d.      Athaf isim dengan fi’il atau sebaliknya
Dengan syarat:
1)      Jika berbentuk isim musytaq harus dita’wil dengan fi’il
2)      Jika berbentuk fi’il harus dita’wil dengan isim musytaq
Contoh:   هذا مصاحبُنا بالأمس وأعاننا على تحقيق بُغْيتَنا (Ini teman kita kemarin, dan dia membantu kita merealisasikan keinginan kita)
هذا كاتبٌ ويقرأُ وكاتِبٌ  ()
e.       Athaf jumlah dengan mufrad atau sebaliknya
Dengan syarat:
1)      Jumlah tersebut bisa dita’wil dengan mufrad
Contoh:   ألفيْتُ الشُّجاعَ يَهزَم خصْمَه وفاتِكًا به  (Saya mendapati seorang pemberani yang mengalahkan lawannya dan langsung membunuhnya)
أخوك عالمٌ وقَدْرُه رفيعٌ   ()
f.       Athaf jumlah dengan jumlah
Dengan syarat:
1)      Harus sama apakah bertuk khabariah atau insya’iyah.
Contoh:   زيدٌ قائمٌ و عمروٌ قاعِدٌ   (Zaid berdiri dan Amr duduk)
قام زيدٌ و قَعَدَ عمروٌ   (Zaid berdiri dan Amr duduk)
g.      Apabila membuat athaf pada dhamir  yang menjadi majrur, maka harus mengulang huruf jar-nya
Contoh:   مررتُ بكَ وبسعيدٍ   (saya bertemu kamu dan Said)[8]
h.      Apabila membuat athaf pada dhamir rafa’ muttasil, maka pisahkanlah dengan dhamir munfashil atau selainyya.[9]
Contoh: 
tA$s% ôs)s9 óOçFZä. óOçFRr& öNà2ät!$t/#uäur Îû 9@»n=|Ê &ûüÎ7B ÇÎÍÈ  
Ibrahim berkata: "Sesungguhnya kamu dan bapak-bapakmu berada dalam kesesatan yang nyata" (Al-anbiya’: 54).
öqs9 uä!$x© ª!$# !$tB $oYò2uŽõ°r& Iwur $tRät!$t/#uä Ÿwur $uZøB§ym `ÏB &äóÓx«
Jika Allah menghendaki, niscaya Kami dan bapak-bapak Kami tidak mempersekutukan-Nya dan tidak (pula) Kami mengharamkan barang sesuatu apapun. (Al-an’am: 148)


[1] Abas Hasan, An-nahwu Al-wafi, Juz 3, (Kairo: Dar Al-ma’arif, TT), hlm. 542.
[2] Agus Shohib, Audhohul Manahij, (Kairo: ), hlm. 285.
[3] Thahir Yusuf, Al-mu’jam Al-mufashal Fi Al-i’rib, (Beirut: Dar Al-kutub Al-ilmiyah), hlm. 119.
[4] Al-fiyah
[5] Ahmad Al-hasyimi, Qawa’dul Asasiyah Li Al-lughah Al-arabiyah, (Maktabah At-taufiqiyah: TT), hlm. 309.
[6] Ibrahim, Syarhu ‘Imrithi, (Semarang: Maktabah Al-alawiyah, TT), hlm. 40.
[7] Mushtafa al-ghulayaINI, Jami’ Ad-Durus, ()hlm. 250.
[8] Qawa’idu asasiyah, hlm. 309.
[9] Baha’udin Abdullah, Ibnu Aqil, (Indonesia: Maktabah Dar Ihya’ Al-kutub Al-arabiyah, TT), hlm. 136.

No comments:

Post a Comment