SUGENG RAWUH SEDEREK-SEDEREK
SELAMAT MENIKMATI

Laman

Search This Blog

Sunday, November 2, 2014

MEDIA SLIDE POWER POINT


 
I.            PENDAHULUAN
Telah menjadi pengetahuan umum bahwa penggunaan media merupakan salah satu komponen penting di dalam proses suatu pembelajaran. Penggunaan media dipandang penting karena membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, penyiapan media pembelajaran menjadi salah satu tanggung jawab guru.
Sejalan dengan itu, meluasnya kemajuan bidang komunikasi dan teknologi serta tingginya dinamika dalam dunia pendidikan semakin meluas pula tuntutan dan peluang penggunaan media yang lebih maju dan bervariasi di dalam proses pembelajaran. Terutama, dengan semakin berkembangnya teknologi komputer, berbagai kemungkinan dan kemudahan ditawarkan di dalam upaya memberi solusi terhadap berbagai masalah pembelajaran, terlebih untuk pengembangan media. Teknologi kumputer menawarkan berbagai kemungkinan dan kemudahan menghasilkan dan mengolah audio-visual sehingga pembuatan media pembelajaran yang lebih maju dan variatif dapat dilakukan.
Perusahaan Microsoft telah lama mengembangkan satu program (software) yang dapat digunakan sebagai perangkat untuk mempresentasikan sebuah materi dalam proses pembelajaran, yakni Microsoft Power Point. Dan dalam berjalanan pendidikan selama ini, dapat kita lihat bahwa begitu besar manfaat yang bisa kita manfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran. Oleh karena itu pada pembahasan makalah mata kuliyah “Media Pembelajaran” kali ini akan menjelaskan beberapa hal penting dalam penggunaan media slide power point pada pembelajaran.

II.            RUMUSAN MASALAH
A.    Pengertian Media Slide Power Point
B.     Langkah-langkah Membuat Slide Power Point
C.     Prinsip-prinsip Dasar dalam Membuat Slide Power Point
D.    Pemanfaatan Media Slide Power Point Dalam Pengembangan Keterampilan Berbahasa

III.            PEMBAHASAN
A.     Pengertian Media Slide Power Point
Media slide power point merupakan media slide yang memakai perangkat lunak dari perusahaan Microsoft, yaitu Microsoft Power Point. Microsoft Power point merupakan salah satu bagian aplikasi MS Office yang dapat digunakan untuk membantu merancang dan menyajikan sebuah presentasi. Presentasi yang dibuat dapat berisi tampilan teks,  outline presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, setiap slide dapat berisi penjabaran topik yang divisualisasikan dalam bentuk tulisan, gambar maupun tabel. Dengan adanya animasi dan multimedia yang menyertainya maka penyajian presentasi akan lebih hidup, menarik dan efektif.
Selain itu Microsoft power point juga merupakan perangkat lunak yang mudah dan sering di gunakan untuk membuat media pembelajaran. Di dalam power point terdapat menu-menu yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengembangkan media pembelajaran.
Presentasi adalah sebuah keterampilan yang perlu dikuasai setiap pekerja profesional saat ini. Bagi guru, presentasi dengan menggunakan Power point dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Dengan media presentasi yang menarik, guru dapat mengkomunikasikan dengan baik materinya.[1]
Aplikasi software Microsoft PowerPoint yang sering digunakan untuk presentasi dapat dioptimalkan penggunaannya dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang dimilikinya seperti hyperlink, insert picture, table, grafik movie ,sound beserta efek animasinya (custom animation) dalam menampilkan gambar bangun, garis, teks dan gambar secara kolaboratif. Pada prinsipnya program ini terdiri dari beberapa unsur rupa, dan pengontrolan operasionalnya. Unsur rupa yang dimaksud, terdiri dari slide, teks, gambar dan bidang-bidang warna yang dapat dikombinasikan dengan latar belakang yang telah tersedia. Unsur rupa tersebut dapat kita buat tanpa gerak, atau dibuat dengan gerakan tertentu sesuai keinginan kita. Seluruh tampilan dari program ini dapat kita atur sesuai keperluan, apakah akan berjalan sendiri sesuai timing yang kita inginkan, atau berjalan secara manual, yaitu dengan mengklik tombol mouse. Biasanya jika digunakan untuk penyampaian bahan ajar yang mementingkan terjadinya interaksi antara peserta didik dengan tenaga pendidik, maka kontrol operasinya menggunakan cara manual.[2]

B.     Prinsip-prinsip dasar dalam membuat slide power point
                  Ada beberapa prinsip dasar yang harus di penuhi ketika membuat slide diantaranya:
1.      Simpel
Slide yang simpel, sederhana, dan tepat sasaran adalah yang terbaik. Dengan slide seperti ini, Anda punya banyak keleluasaan untuk memberikan penjelasan. Semakin rumit sebuah slide, maka audiens akan membutuhkan tambahan waktu hanya untuk mengerti slide tersebut. Dan bisa jadi kesulitan Anda dalam menjelaskan slide tersebut menjadi pengganggu presentasi.
2.      Perlu atau Tidak penggunaan slide tersebut?
Untuk setiap lembar slide yang akan dibuat, tanyakan pada diri Anda apakah slide tersebut perlu? Apakah cukup 5 slide saja daripada 10 slide? Apakah slide yang satu dan yang lainnya dapat digabungkan? Apakah slide ini dapat digantikan dengan penjelasan singkat kepada audiens? Sering-seringlah mempertanyakan hal ini, dan anda hanya akan membuat slide yang benar-benar efektif dan efisien.
3.      Latar Belakang dan Font Mudah di Baca
Dengan beragamnya latar belakang slide yang dapat Anda gunakan dan ribuan font yang tersedia, ada kalanya kita tergoda untuk bereksperimen dengan bermacam pilihan. Hal tersebut boleh-boleh saja selama kombinasi latar belakang dan font yang digunakan mudah dibaca oleh audiens. Misalnya, Dalam beberapa training presentasi, banyak yang menganjurkan background biru gelap dengan font berwarna kuning dengan alasan kontras yang baik dan tidak cepat melelahkan mata.
Untuk pemilihan font disarankan maksimum 2 dalam sebuah slide dan bahkan dalam keseluruhan presentasi. Mengapa demikian? Semakin banyak font maka semakin lelah audiens ketika melihatnya. Selain itu font yang terlalu banyak membuat audiens bingung terhadap konsistensi presentasi Anda dan hubungan antara slide yang satu dengan slide berikutnya. Font yang baik untuk presentasi adalah yang tidak menggunakan banyak hiasan pada ujung hurufnya seperti: Arial, Verdana, Trebuchet. Font yang menggunakan hiasan dapat digunakan sebagai judul slide atau teks-teks pendukung yang bukan merupakan body text.
4.      Maksimum 7 Baris Teks
Jika Anda menjelaskan beberapa item dalam format bullet point, pastikan jumlahnya tidak lebih dari 7 dalam sebuah slide. Mengapa? Jumlah yang banyak akan membuat font menjadi lebih kecil sehingga sulit dibaca. Selain itu, bukankah slide digunakan sebagai ringkasan? Karenanya jika ada item yang lebih dari 7, usahakan dikurangi dan diringkas.
5.      Gambar, Grafik, dan Diagram
Dalam presentasi, Anda akan mengandalkan kemampuan presentasi Anda sendiri dibantu slide presentasi sebagai pendamping. Ada satu kekuatan yang dimiliki slide yang tidak ada pada presenter paling handal sekalipun yakni menjelaskan sesuatu dengan gambar. Ya, sebuah gambar yang tepat dapat mewakili ribuan kata jika harus dijelaskan. Karenanya manfaatkan dan gunakan gambar, grafik maupun diagram.
Gambar yang dipakai dalam slide harus relevan dengan isinya dan membantu memahami presentasi dalam konteks yang Anda harapkan. Jangan sampai mengalihkan perhatian audiens ketika mereka bingung menghubungkan antara maksud gambar yang tampil dengan isi presentasi Anda.
Penggunaan grafik juga perlu perhatian sendiri. Ada berbagai jenis grafik mulai dari bar, pie chart, line, dan kombinasinya. Pemilihan jenis grafik yang benar akan memberikan dampak besar pada kemudahan audiens untuk mengerti isi presentasi Anda. Grafik bar adalah paling umum dan cocok digunakan untuk menjelaskan pertumbuhan dalam kurun waktu tertentu. Grafik pie cocok untuk menjelaskan perbandingan proporsi antara beberapa hal yang dibandingkan. Karena bentuknya seperti kue yang bulat, audiens dengan mudah bisa membuat asosiasi besar kue untuk membandingkan antara satu hal dengan lainnya. Grafik line cocok untuk menggambarkan trend perbandingan beberapa item sekaligus.
Adapun diagram akan sangat membantu ketika Anda menjelaskan langkah-langkah proses kerja dan hubungannya satu sama lain. Manfaakan hal ini untuk memudahkan audiens memahami bagian yang sulit dari presentasi.
6.      Gunakan kombinasi warna yang cukup
Keunggulan lainnya dari slide adalah Anda dapat menggunakan berbagai pilihan warna. Gunakan beberapa warna yang memiliki kontras cukup dan konsisten dalam slide Anda. Jangan gunakan warna yang berbeda-beda di setiap slide karena akan sangat mengganggu dan membuat Anda tampil tidak profesional.
C.    Pemanfaatan slide media power point dalam Pengembangan Keterampilan Berbahasa
Dengan media slide power point kita dapat melakukan pengembangan materi pembelajaran bahasa, diantaranya:
1.      Membaca
Fasilitas menampilkan teks dalam media slide power point memungkinkan pembuatan materi pembelajaran keterampilan membaca dengan mudah. Sebagai contoh, seorang presentator bisa memasukkan teks dalam slide pertama, kemudian memasukkan latihan pada slide kedua dan seterusnya.
2.      Mendengarkan
Dengan adanya fasilitas memasukkan suara dan video, maka pembelajaran keterampilan mendengarkan mempunyai lebih banyak pilihan variasi. Sebagai contoh, seorang presentator bisa membuat bahan pembelajaran dengan video ataupun audio.
3.      Menulis dan berbicara
Keterbatasan program power point adalah tidak mempunyai fasilitas yang memungkinkan pelajar untuk memberikan umpan balik dalam bentuk tulisan dan suara. Namun demikian keterbatasan program dalam menyediakan fasilitas untuk umpan balik suara ini bisa kita atasi dengan strategi pembelajaran gabungan, yaitu menggabungkan pembelajaran mandiri dan berpasangan. Sesudah menjalankan program slide presentasi pembelajar diberi tugas untuk berinteraksi dengan pembelajar yang lain.
Sedangkan untuk mengatasi keterbatasan dalam memberikan umpan balik berupa tulisan dapat diatasi dengan mempergunakan fasilitas hyperlink. Pada waktu ada tugas menulis pembelajar dihubungkan dengan program yang mempunyai fasilitas menulis seperti Microsoft Word misalnya.[3]

 IV.            KESIMPULAN

Microsoft Power point merupakan salah satu bagian aplikasi MS Office yang dapat digunakan untuk membantu merancang dan menyajikan presentasi.

             Ada beberapa prinsip dasar yang harus di penuhi ketika membuat slide diantaranya:
1.      Simpel
2.      Perlu atau tidak
3.      Latar belakang dan font mudah di baca, maksimum 7 baris
4.      Gambar, grafik, dan diagram, gunakan kombinasi warna yang cukup.
Pemanfaatan slide media power point dalam Pengembangan Keterampilan Berbahasa diantaranya: membaca, mendengarkan, menulis dan berbicara.
  
    V.            PENUTUP

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah membukakan pintu rahmat-Nya, sehingga kita semua bisa mempelajari dan membahas ilmu-ilmu-Nya yang sedemikian rupa, terutama ilmu sharaf yang sedang kita pelajari bersama ini. Tidak kurang dari itu, kelalaian maupun kekurangan-kekurangan dari penulis dalam menyajikan makalah ini sangatlah dimungkinkan adanya, oleh karena itu kritik beserta saran yang membangun sangatlah penulis harapkan demi kebaikan bersama.

Berawal dari semua itu kami ucapkan banyak terima kasih atas segala partisipasinya, dan mohon maaf atas segala kekurangannya. Semoga apa yang kita pelajari dan kita dapatkan kali ini mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT. Amin


[1]By budip - Posted on 17 Februari 2011http://psb-psma.org/content/blog/3450-pembuatan-media-pembelajaran-dengan-multimedia-powerpoint.
[2] http://elsyajjaa.wordpress.com/2010/12/19/optimalisasi-media-pembelajaran-berbasis-powerpoint/
[3] M. Abdul Hamid, Uril Baharudin dan Bisri Mustofa, Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media, (Malang: UIN-Malang Press, 2008), hlm. 205-206.

1 comment: