SUGENG RAWUH SEDEREK-SEDEREK
SELAMAT MENIKMATI

Laman

Search This Blog

Monday, April 27, 2015

TERJEMAH QOMI' TUGHYAN (PART 6)



51.      Memutuskan (hukum)perkara antar sesama dengan adil
Allah SWT berfirman:
إِذْدَخَلُواعَلَىدَاوُدَفَفَزِعَمِنْهُمْقَالُوالاتَخَفْخَصْمَانِبَغَىبَعْضُنَاعَلَىبَعْضٍفَاحْكُمْبَيْنَنَابِالْحَقِّوَلاتُشْطِطْوَاهْدِنَاإِلَىسَوَاءِالصِّرَاطِ (٢٢)
Ketika mereka masuk (menemui) Daud lalu ia terkejut karena kedatangan) mereka. mereka berkata: "Janganlah kamu merasa takut; (Kami) adalah dua orang yang berperkara yang salah seorang dari Kami berbuat zalim kepada yang lain; Maka berilah keputusan antara Kami dengan adil dan janganlah kamu menyimpang dari kebenaran dan tunjukilah Kami ke jalan yang lurus.(QS. Shaad: 22).
وَكَتَبْنَاعَلَيْهِمْفِيهَاأَنَّالنَّفْسَبِالنَّفْسِوَالْعَيْنَبِالْعَيْنِوَالأنْفَبِالأنْفِوَالأذُنَبِالأذُنِوَالسِّنَّبِالسِّنِّوَالْجُرُوحَقِصَاصٌفَمَنْتَصَدَّقَبِهِفَهُوَكَفَّارَةٌلَهُوَمَنْلَمْيَحْكُمْبِمَاأَنْزَلَاللَّهُفَأُولَئِكَهُمُالظَّالِمُونَ (٤٥)
Dan Kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka luka (pun) ada kisasnya. Barangsiapa yang melepaskan (hak kisas) nya, Maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, Maka mereka itu adalah orang-orang yang zalim. (QS. Al-Maidah: 45).
Rasulullah SAW bersabda:
من حكم بين اثنين تحاكما اليه وارتضياه فلم يقض بينها بالحق فعليه لعنة الله
Barang siapa yang memutuskan (hukum) perkaradua orang yang sedang berselisih dan mereka mempercayakan permasalahan tersebut kepadanya, namun ia tidak mengadilinya dengan baik dan benar, maka ia akan mendapat laknat Allah SWT.
52.      Memerintahkan untuk melakuakan kebaikan dan mencegah dari kemungkaran
Allah SWT berfirman:
وَلْتَكُنْمِنْكُمْأُمَّةٌيَدْعُونَإِلَىالْخَيْرِوَيَأْمُرُونَبِالْمَعْرُوفِوَيَنْهَوْنَعَنِالْمُنْكَرِوَأُولَئِكَهُمُالْمُفْلِحُونَ (١٠٤)
Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung. (QS. Ali Imran: 104).
Syekh Muhyiddin Al-Nawawi memberikan penjelasan mengenai firman Allah SWT berikut:
يَاأَيُّهَاالَّذِينَآمَنُواعَلَيْكُمْأَنْفُسَكُمْلايَضُرُّكُمْمَنْضَلَّإِذَااهْتَدَيْتُمْإِلَىاللَّهِمَرْجِعُكُمْجَمِيعًافَيُنَبِّئُكُمْبِمَاكُنْتُمْتَعْمَلُونَ (١٠٥)
Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu; Tiadalah orang yang sesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk. hanya kepada Allah kamu kembali semuanya, Maka Dia akan menerangkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS. Al-Maidah: 105).
Ayat inimengatakan bahwa orang yang tertipu oleh kesesatan adalah kebanyakan dari orang-orang bodoh.Mereka membawa kesesatan tersebut kepada yang lainnya.Namun maksud yang sebenarnya dari ayat ini yaitu; Jika kamumengerjakan apayang telah diperintahkan (oleh Allah) kepada mu, niscaya kesesatan tidak akan dapat menyesatkanmu. Di antara perintah tersebut yaitu; amar ma’ruf dan nahi munkar(memerintahkan untuk berbuat baik dan mencegah dari perbuatan jelek). Adapun ayat lain yang semakna dan berhubungan dengan penjelasan ini yaitu:
مَاعَلَىالرَّسُولِإِلاالْبَلاغُوَاللَّهُيَعْلَمُمَاتُبْدُونَوَمَاتَكْتُمُونَ (٩٩)
Kewajiban Rasul tidak lain hanyalah menyampaikan, dan Allah mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan. (QS. Al-Maidah: 99).
Muhammad ibnu Tamam mengatakan bahwa nasehat (tipu-daya)kaum penentang (Fir’aun dan Tsamud)layaknya seperti tanah liat yang dilemparkan kedinding.Jika seseorang mampumenahannya dari hujaman tanah liat tersebut, maka ia akan mendapatkan manfaat (tembok itu tidak akan kotor). Namun jika ia membiarkannya saja, niscaya tembok tersebut akan berbekas (kotor akibat tanah liat yang dilemparkan).
Sulaiman Al-Khowash mengatakan bahwa barang siapa yang memberikan nasehat kepada saudaranyadalam ruang lingkup orang-orang terdekat keduanya, maka ia benar-benar telah memberikannya nasehat. Dan barang siapa yang memberikan nasehat kepada saudaranya dalam kalangan rakyat yang menyaksikan, maka ia benar-benar telah membuat mereka menangis.
53.      Saling tolong-menolong dalam hal kebaikan dan takwa
Allah SWT berfirman:
يَاأَيُّهَاالَّذِينَآمَنُوالاتُحِلُّواشَعَائِرَاللَّهِوَلاالشَّهْرَالْحَرَامَوَلاالْهَدْيَوَلاالْقَلائِدَوَلاآمِّينَالْبَيْتَالْحَرَامَيَبْتَغُونَفَضْلامِنْرَبِّهِمْوَرِضْوَانًاوَإِذَاحَلَلْتُمْفَاصْطَادُواوَلايَجْرِمَنَّكُمْشَنَآنُقَوْمٍأَنْصَدُّوكُمْعَنِالْمَسْجِدِالْحَرَامِأَنْتَعْتَدُواوَتَعَاوَنُواعَلَىالْبِرِّوَالتَّقْوَىوَلاتَعَاوَنُواعَلَىالإثْمِوَالْعُدْوَانِوَاتَّقُوااللَّهَإِنَّاللَّهَشَدِيدُالْعِقَابِ (٢)
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keredhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, Maka bolehlah berburu. dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya. (QS. Al-Maidah: 2).
Rasulullah SAW bersabda:
من مشى في عون أخيه ومنفعته فله ثواب المجاهدين في سبيل الله
Barang siapa yang memberikanpertolongan dan manfaat kepada saudaranya, maka ia akan mendapatkan pahala (yang setara dengan pahalanya) orang-orang yang berjihad di jalan Allah.
عن أنس بن مالك قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من أغاث ملهوفا كتب الله ثلاثا و سبعين حسنة واحدة منها يصلح بها آخرته ودنياه والباقي في الدرجات
Diriwayatkan dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membebaskan (menolong) kesusahan (orang lain), maka Allah akan menuliskan tujuh puluh tiga kebaikan. Di mana satu darinya akan mempermudah urusan dunia dan akhiratnya, sedangkan sisanya adalah berupaderajat kebaikan.
من قضى حاجة لأخيه فكأنما خدم الله عمره
Barang siapa yang memenuhi satu kebutuhan atau hajat saudaranya, maka seakan-akan seumur hidupnya ia telah mengabdi dan melayani Allah
من أقر عين مؤمن أقر الله عينه يوم القيامة
Barang siapa yang menyenangkan hati orang mukmin, maka Allah akan menyenangkan hatinya kelak di hari kiamat.
من مشى في حاجة أخيه ساعة من ليل أو نهار قضاها أو لم يقضها كان خيرا له من اعتكاف شهرين
Barang siapa yang memberikankebutuhan atau hajat saudaranya satu jam di malam hari atau siang har, baik ia bisa memenuhi kebutuhan tersebut atau tidak, maka hal tersebut lebih baik baginya dari pada melakukan i’tikaf selama dua bulan,
من فرج عن مؤمن مغموم أو أعان مظلوما غفر الله ثلاثا و عشرين مغفرة
Barang siapa yang dapat menyenangkan orang mukmin yang sedih atau menolongnya dari kejelekan, maka Allah akan mengampuninya sebanyak dua puluh tiga ampunan.
ان من أحب الأعمال الى الله ادخال السرور على قلب المؤمن وأن يفرج عنه غما أو يقضى عنه دينا أو يطعمه من جوع
Sesungguhnya termasuk ke dalam amal yang paling disukai Allah adalah memberikan kebahagian di hati orang mukmin.Hal itu dapat berupamembahagiakannya di saatia sedih,membayar hutangnya, atau dengan memberikan makan saat ia lapar.
عن علي بن أبي طالب قال قال النبي صلى الله عليه وسلم اذا أراد أحدكم الحاجة فليبكر لها يوم الخميس وليقرأ اذا خرج من منزلة آخر سورة آل عمران وآية الكرسي وانا أنزلناه في ليلة القدر وأم الكتاب فان فيها حوائج الدنيا والآخرة
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ketika salah satu dari mu menginginkan sebuah hajat, maka awalilah hajat tersebut di hari kamis. Dan ketika ingin keluar dari tempat lainhendaklah membaca surat Ali Imran, Ayat Kursi, Al-Qadr dan Al-Fatihah, karena pada dasarnya di dalam hal tersebut terdapat kebutuhan-kebutuhan dunia dan akhirat”
Kata حَبِيْبِيْ pada bait ini merupakan munada yang dibuang huruf nida’-nya.
Kata أَعِنْهُمُ pada bait ini dibaca dengan huruf mim yang ber-harakatdhammah beserta isyba’.
Kata تُكْرَمُ pada bait ini berarti bahwa kamu akan dimuliakan di sisi Allah dan manusia.
Nadhim berkata dalam nadham-nya:
(وَاسْتَحْيِ رَبَّكَ أَحْسِنَنْ لِلْوَالِدِ              رَحِمًا فَصِلْ حَسِّنْ بِخُلْقِكَ تُرْحَمُ)
Malulah kepada Tuhan mu! Berbuat baiklah kepada kedua orang tua! Bersilaturahmilah! Perbaiklah akhlak mu! Niscaya kamu akandisayangi (Allah).
Pada bait ini nadhim memberitahukan empat macam cabang iman yang selanjutnya, sebagai berikut:
54.      Malu kepada Allah SWT
Nabi Muhammad SAW bersabda:
الحياء من الإيمان
Malu adalah salah satu bagian dari Iman
روي عن عبد الله بن مسعود أن النبي صلى الله عليه وسلم قال استحيوا من الله حقّ الحياء قال فقلنا يا نبي الله انا نستحي قال ليس ذلك ولكن من استحيا من الله حقّ الحياء فليحفظ الرأس وما حوى والبطن وما وعى والفرج واليدين والرجلين وليذكر الموت والبلا
Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud, bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda: ”Malulah kalian kepada Allah”. Seorang sahabat berkata: “Wahai Nabiyallah! Kami utarakan bahwasanya kami malu (kepada Allah)”.Nabi berkata: “Malu kepada Allah bukan seperti itu (ucapan lisan), akan tetapi malu kepada Allah adalah malu yang sesungguhnya. Yaitu dengan cara menjaga kepala danapa yang ada di dalamnya, perut dan apa yang ada di dalamnya, kemaluan, kedua tangan,kedua kaki, hendaknya untuk mengingat kematian dan kebinasaan”.
Kata البلا pada hadis ini dibaca dengan huruf ba’ yang ber-harakatkasrah, yang mempunyai arti الفناء (kebinasaan, kerusakan atau kehancuran).
من أراد الأخرة ترك زينة الحياة الدنيا وآثر الآخرة على الأولى فمن فعل ذلك فقد استحيا من الله حق الحياء
Barang siapa yang menginginkan akhirat, maka tinggalkanlah perhiasan kehidupan duniawi dan utamakanlah perkara ukhrawi. Dan barang siapa yang dapat melaksanakan hal tersebut, maka ia benar-benar telah malu kepada Allah dengan malu yang sebenarnya.
عن معاذ بن جبل أنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول الله يا ابن آدم استحي منّي عند معصيتك وأنا أستحي منك يوم العرض الأكبر أني أعذبك يا ابن آدم تب الى أكرمك كرامة الأنبياء يا ابن آدم لا تحول قلبك عنّي فانك ان حولت قلبك عنّي أخذ لك فلا أنصرك يا ابن آدم لو لقيتني يوم القيامة ومعك حسنات مثل أهل الأرض لم أقبل منك حتى تصدق بوعدي ووعيدي يا ابن آدم اني أنا الرزّاق وأنت المرزوق وتعلم أنّي أوفيك رزقك فلا تترك طاعتي بسبب الرزق فانك ان تركت طاعتي بسبب الرزقك أوجبت عليك عقوبتي
Diriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal, bahwasanya ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Allah SWT berfirman: “Wahai keturunan Adam! Malulah kepada-Kuketika kamu berbuat maksiat! Maka Aku pun akan malu(mempermudah) kepada mukelakdi hari kiamat!Sesungguhnya Aku akan menyegarkan mu (dari panasnya hari kiamat). Wahai keturunan Adam! Bertaubatlah kepada-Ku! Maka Aku akan memuliakan mulayaknya kemuliaan (yang Aku berikan kepada) para Nabi. Wahai keturunan Adam! Jangan palingkan hati mu dari-Ku! Karena jika kamu memalingkan hati mu dari-Ku, maka Aku akan menyiksa mu dan kamu tidak akan Aku tolong. Wahai keturunan Adam! Jika kamu ingin bertemu dengan-Ku besok di hari kiamat dengan membawa (pahala-pahala amal) kebaikan mu layaknya penghuni bumi, Aku tidak akan menemui muhinggakamu percaya akan janji dan ancaman-Ku. Wahai keturunan Adam! Aku adalah Dzat Yang Maha Memberi Rizqi, sedangkan kamu adalah penerima rizqi. Sesungguhnya Aku akanmencukupi rizqi mu, oleh karena itu janganberhentitaat kepada-Kuhanya karena masalah rizqi. Jika kamu berhenti taat kepada-Ku hanya karena masalah rizqi mu, maka kamu akan mendapatkan siksa-Ku.””
55.      Berbuat baik kepada kedua orang tua
Allah SWT berfirman:
وَإِنْخِفْتُمْشِقَاقَبَيْنِهِمَافَابْعَثُواحَكَمًامِنْأَهْلِهِوَحَكَمًامِنْأَهْلِهَاإِنْيُرِيدَاإِصْلاحًايُوَفِّقِاللَّهُبَيْنَهُمَاإِنَّاللَّهَكَانَعَلِيمًاخَبِيرًا (٣٥)
Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, Maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. jika kedua orang hakam itu bermaksud Mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. An-Nisa’: 35).
Rasulullah SAW bersabda:
بر الوالدين أفضل من الصلاة والصدقة والصوم والحج والعمرة والجهاد في سبيل الله
Berbuat baik kepada kedua orang tua lebih baik (pahalanya) dari pada (pahala) salat, sedekah, puasa, haji, umrah dan jihad di jalan Allah.
ما على أحد اذا أراد أن يتصدق بصدقة أن يجعلها لوالديه اذا كانا مسلمين فيكون لوالديه أجرها ويكون له مثل أجورهما من غير أن ينقص من أجورهما شيء
Seyogyanya bagi seseorang ketika ingin bersedekah untuk mempersembahkan(pahala) sedekah tersebut untuk kedua orang tuanya, jika memang mereka seorang muslim. Maka kemudian kedua orang tuanya akanmendapatkan pahala sedekah tersebut. Dan ia akan mendapatkan pahala yang setara dengan pahala kedua orang tuanya tersebut tanpa berkurang sedikitpun.
من حج عن والده بعد وفاته كتب الله لوالده حجة وكتب له براءة من النار
Barang siapa yang meng-haji-kan kedua orang tuanya setelah mereka wafat, maka Allah mencatat kedua orang tuanyasebagai orang yang telah menunaikan haji, sedangkan ia sendiri akan dibebaskan oleh Allah dari neraka.
Ada seorang laki-laki yang berkata kepada Umar bin Khatabr.a.:
ان لي أما بلغ منها الكبر أنها لا تقضي حاجتها الا وظهري لها مطية فهل أديت حقها قال لأنها كانت تصنع بك ذلك وهي تتمنى بقاءك وأنت تصنعه وتتمنى فراقها



56.      Silaturahmi
Rasulullah SAW bersabda:
من سره أن يمد له في عمره ويوسع له في رزقه فليتق الله وليصل رحمه
Barang siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan dilapangkan rizqinya, maka hendaklah ia bertakwa kepada Allah dan senantiasa untuk bersilaturahmi
صنائع المعروف تقي مصارع السوء وصدقة السر تطفئ غضب الربّ جلّا وعلّا وصلة الرحم تزيد في العمر
Perbuatan-perbuatan baik dapat menghindarkan dari berbagai kejelekan, sedekah yang tidak diperlihat-lihatkan kepada orang lain dapat memadamkan murka Allah SWT, dansilaturahmi dapat menambah umur.
57.      Akhlak yang baik
Sebagian ulama mengumpulkan beberapa ciri-ciri akhlak yang baik sebagai berikut:
a.       Banyak bersifat malu
b.      Minimdalam hal menyakiti orang lain
c.       Banyak berbuat baik
d.      Jujur tutur katanya
e.       Sedikit berbicara (yang tidak bermanfaat)
f.       Suka beramal
g.      Jarang membuat kesalahan
h.      Minim dalamhal curiga atau berprasangka jelek kepada orang lain
i.        Suka berderma
j.        Suka bersosial
k.      Berwibawa
l.        Sangat sabar
m.    Banyak bersyukur
n.      Menerima dan ridlo (atas cobaan dan ujian dari Allah)
o.      Toleransi
p.      Bersahabat
q.      Rendah hati
r.        Penuh kasih saying
s.       Tidak suka mencaci-maki orang lain
t.        Tidak suka menghina orang lain
u.      Tidak suka menggosip atau mengumbar rahasia orang lain
v.      Tidak suka mengumpat atau memfitnah orang lain
w.    Tidak tergesa-gesa dalam melakukan semua hal
x.      Tidak suka iri hati
y.      Tidak kikir
z.       Tidak suka berbuat hasut
aa.   Manis mukanya (enak dipandang)
bb.  Lemah lembut sikapnya (tidak kasar)
cc.   Cinta karena Allah
dd. Benci karena Allah
ee.   Ridho atau ikhlas karena Allah
ff.    Marah karena Allah
Huruf nun yang ada pada kata أَحْسِنَنْdalambait ini merupakan nun taukid khafifah (untuk menunjukkan sedikit penegasan atau penguat makna).
Huruf lam yang ada pada kataلِلْوَالِدِ dalam bait ini merupakan lam lil al-jinsi yang menunjukkanbilangantunggal atau lebih.
Menurut dialek yang benar, kataرَحِمًا pada bait ini dibaca dengan huruf ha’ yang ber-harakatkasrah dan huruf ra’yang ber-harakatfathah.Terkadang kata inidibaca takhfifdengan caramembaca sukun huruf ha’-nya dan fathah huruf ra’-nya, ini adalah dialek yang dimiliki oleh Bani Killab,namun terkadangjuga huruf ha’-nya dibaca dengan harakatkasrahdengan alasan mengikutiharakat huruf ra’.
Kata حَسِّنْ pada bait ini dibaca dengan huruf sin yang ber-harakat tasydid.
Kata بِخُلْقِكَ pada bait ini dibaca dengan huruf lam yang ber-harakat sukun sesuai dengan wazani-nya (فُعْلٌ).
Kata تُرْحَمُ pada bait ini berbentuk mabni maf’ul yang mana artinya yaitu; jika kamu memberbaik akhlak mu, maka Allah akanmengasihi mu dan orang-orang juga akan menyayangi mu.
Nadhim berkata dalam nadham-nya:
(أَحْسِنْ لِقِنِّكَ فَاعْفُ عَنْهُ وَعَلِّمَنْ           وَإِطَاعَةُ السَّادَاتِ عَبْدًا تَلْزَمُ)
Berbuat baiklah kepada budak-budak mu, maafkan dan ajarkanlah dia (tentang masalah agama)! Dan wajib bagi budak untuk taat kepada tuannya.
Pada bait ini nadhim memberitahukan dua macam cabang iman yang selanjutnya, sebagai berikut:
58.      Berbuat baik kepada para budak, memamaafkan mereka dan mengajarkan mereka tentang masalah agama
Selain berbuat baik kepada para budak, memamaafkan mereka dan mengajarkan mereka tentang masalah agama, hendaklah juga memberikannafkahsemampunya kepada mereka dengan melihat kebutuhan serta kekurangan mereka, memberikan kesempatan untuk istirahat pada saat musim panas di waktu untuk tidur siang. Rasulullah SAW bersabda:
للملوك طعامه وكسوته بالمعروف ولا يكلف من العمل ما لا يطيق
Berikan makan dan pakaian yang layakpada para budak,dan janganlah membebani mereka denganpekerjaan yang tidak iasanggupi.
من لطم مملوكه أو ضربه في غير تعليم وتأديب فكفارته أن يعتقه
Barang siapa yang menempeleng atau memukul budaknya bukan karena untuk mendidik atau mengajar mereka, maka iamendapatkan kafarat (denda) yang berupa memerdekakan mereka.
Maksudnya yaitu; barang siapa yang memukul budaknya baik itu dibagian wajahnya atau bagian yang lain bukan karena untuk mendidik atau mengajar mereka, maka ia mendapatkan kafarat (denda) yang berupa memerdekakan mereka.Menurut ijma’ (kesepakatan para ulama) hukum kafaratini adalah sunah, bukan wajib.Adapun memukul wajah adalah haram hukumnya, sekalipundengan alasan untuk mendidik.
Rasulullah SAW bersabda:
عن علي رضي الله عنه قال كان آخر كلام رسول الله صلى الله عليه وسلم: أوصيكم بالصلاة واتقوا الله فيما ملكت أيمانكم
Diriwayatkan dari Ali r.a. ia berkata: Perkataan terakhir Rasulullah SAW yaitu: “Aku wasiatkan kepada kalian semua untuk (selalu) mengerjakan salat dan bertakwalah kepada Allah dalam (memperlakukan) tangan kanan (pembantu dan budak) yang kalian miliki”.
عن أبي هريرة: لا يقولن أحدكم عبدي وأمتي كلكم عبيد الله وكل نسائكم اماء الله ولكن ليقل غلامي وجاريتي وفتاي وفتاتي
Diriwayatkan dari Abu Hurairah: Janganlah salah satu di antara kalian mengatakan “Hambaku!,Budakku!dan umatku!”. Sesungguhnya kalian semua adalah hamba-hamba (lk) Allah. Perempuan-perempuan (istri) kaliansesungguhnya adalah hamba-hamba (pr) Allah.Akan tetapi janganlah kalian mengatakan “Pembantuku! Budakku!Hambaku (lk/pr)!”
59.      Seorang budak yang taat kepada tuannya
Maksudnya yaitu budak yang taat kepada tuannya sesuai dengan kemampuannya, yaitu selain dalam hal maksiat.
Terdapat sebuah hadis:
عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما عن رسول الله صلى الله عليه وسلم انّ العبد اذا نصح لسيده وأحسن عبادة ربه فله أجره مرتين
Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar r.a. dari Rasulullah SAW: Sesungguhnya seorang hamba yang ikhlas terhadap tuannya dan bagus amal ibadahnya kepada Tuhan, maka ia akan mendapatkan pahala dua kali.
Adapun maksud dari kata نصح dalam hadis ini adalah ikhlas dan jujur dalam bekerja.
Makna kata قِنٌّ pada bait ini adalah budak.Kata ini dapat dikombinasikan dengan kata lain yang berjumlah tunggal atau yang lainnya (jamak). Oleh karena itu dapat diucapkan seperti berikut; عبد قنّ atau juga bisa عبيد قنّ.
Huruf nun yang terdapat pada kata عَلِّمَنْdalam bait ini merupakan nun taukid khafifah.
Kata إِطَاعَةُ السَّادَاتِ pada bait ini termasuk kategori idhfatu al-mashdar li al-maf’ul (penggabungan kata berbentuk mashdar dengan kata yang menjadi objeknya). Kataالسَّادَاتِditulis dengan huruf alif jamak (yang menunjukkan arti jamak), yang mana kata ini merupakan bentuk jamak dari kata سيدةyang terdapat hurufta’ ta’nist-nya (untuk menunjukkan makna perempuan). Hal ini menunjukkan bahwa kata السَّادَاتِmenunjukkan arti tuan, baik perempuan ataupun laki-laki.Sayyid atau tuan adalah pemilik budak. Adapun kata سيدyang berarti tuan laki-laki ketika bentuk jamaknyaadalah سادة tanpa menggunakan alif jamak.
Kata عَبْدًا pada bait ini merupakan maf’ul muqaddam (objek yang didahulukan penyebutannya dari pada subjeknya) dari kata تَلْزَمُ. Sedangkan kata تَلْزَمُ itu sendiri menjadi khabar dari kata إِطَاعَةُ.
Nadhim berkata dalam nadham-nya:
(وَاحْفَظْ حُقُوْقَ الأَهْلِ وَالأَوْلَادْ            أَنْفِقْ وَعَلِّمْهُمْ فَذَاكَ مُحَتَّمُ)
Jagalah hak-hakkeluarga dan anak! Berikanlah nafkah dan didiklah mereka! Karena sesungguhnya hal tersebut adalah wajib hukumnya.
Pada bait ini nadhim hanya memberitahukan satu macam cabang iman yang selanjutnya, sebagai berikut:
60.  Menjaga hak keluarga dan anak
Maksudnya adalah menjaga hak-hak istri dan anak. Wajib bagi seorang suami untuk memberikan nafkah kepada istrinya dengan cara melengkapi kebutuhan-kebutuhan yang ia perlukan sesuai dengan kemampuan yang ia milki.Oleh karena itu intensitas dari kemampuan yang dimiliki oleh seorang suamibersifat relatif (jika dibandingkan dengan orang lain), bisa saja banyak dan bisa juga sedikit,tergantung pada kesulitan dan kemudahan dalam melengkapi kebutuhan tersebut.
Janganlah seorang suami tidak memberikan nafkah istrinya yang sebelumnya belum ia berikan, karena nafkah yang belum ia berikan tersebut merupakan hutang baginya. Karena bahwasanya nafkahseorang istri merupakan bekal untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya. Hal ini berbeda dengan nafkah yang diberikan kepada kerabat yang bersifat untuk saling membantu saja.
Selain kewajiban memberikan nafkah, seorang suami juga berkewajiban untuk mendidik dan mengajarkan ilmu yang diperlukan oleh istrinya, seperti fardu-farduibadah dan sunah-sunahnya seperti;bersuci, salat, zakat, puasa, haji, hal-hal yang berhubungan dengan masalah haid (menstruasi) dengan memberitahukan bahwa ketika sedang haid tidak mengapa ia meninggalkan salat, dan hal-hal lainnya yang bersangkutan dengan haqullah (hak-hak Allah).
Berbeda dengan Ibnu Al-Baraziy yang mengatakan bahwa hal ini hanya sebatas pada perintahyang bersangkutan dengan hak-hak diri(istri),seperti menjaga dirinya (istri)dari laki-laki lain, menutup bagian-bagiantubuh dari pandangan laki-laki lain yaitu bagian tubuh haram untuk dilihat, tidak meminta bantuanlaki-laki lain diluar kebutuhan, dan menjaga diri dari memperoleh harta yang haram. Oleh karena itu diperbolehkan memberikan hukuman untuk istri jika memang ia melanggarnya.
Suami berkewajiban mengajarkan istrinyatentang kewajibannya untuk taat kepada suami selain dalam hal maksiat,dan memberitahukan tentang keharaman berbohong tentang kapan masa haidnya dan kapan berakhirnya.

YANG INGIN DOWNLOAD VERSI MS WORD BISA LEWAT  SINI

No comments:

Post a Comment